
Memperingati milad Prodi PGMI ke-14 (27 Juli 2021), Program Studi PGMI IAILM Suryalaya sukses menebitkan buku yang berjudul MURIDKU GURUKU RELASI GURU DAN MURID DALAM PEMBELAJARAN. Buku berisi kumpulan tulisan para dosen, mahasiswa, dan alumi PGMI Suryalaya dieditori Nana Suryana, S.Ag. M.Pd. yang juga Ketua Prodi PGMI dan Syarifah Setiana Ardiati, S.Psi., M.Pd terdiri dari 42 bab, 270 halaman. Buku dengan nomor ISBN 978-623-6092-96-5 diterbitkan Widina Bhakti Persada Bandung.
Berikut Sinopsi Buku
Dalam paradigma pembelajaran, pendidik bukan satu-satunya sumber belajar bagi anak didik. Bisa jadi anak didik menjadi gurunya pendidik. Relasi antara pendidik dengan anak didik tidak berlangsung satu arah, melainkan multiarah.
‘’Menjadi’’ pendidik ya ‘’Menjadi’’ pendidik, bukan pendidik ‘’jadi’’. Kata ‘’Menjadi’’ memiliki banyak makna. ‘’Menjadi’’ berarti menjelma sebagai; orang itu dapat mengubah dirinya. Itu artinya pendidik dituntut mampu menjelma sebagai pendidik yang didambakan serta dirindukan anak didik. Pendidik dituntut mampu mengubah dirinya menjadi pendidik “jadi’’. Sedangkan kata ‘’Jadi’’ bermakna sudah selesai dibuat; siap pakai. Kalau kata “’Jadi” disandingkan dengan pendidik, maka sejatinya pendidik harus sudah siap pakai karena sudah dididik di perkuliahan melalui sejumlah mata kuliah serta kegiatan ekstra lainnya.
‘’Menjadi’’ pendidik di zaman milenial tidak semudah menjadi pendidik di zaman sebelumnya. Pendidik dituntut mampu berdaptasi dengan karakter anak didik. Pendidik adalah orang yang mendidik anak didik sesuai zamannya, karena anak bukan anakmu, anak adalah kehidupan, demikian kata Khalil Gibran.
‘’Menjadi’’ pendidik harus menjadi pembelajar yakni orang yang mau mempelajari berbagai hal – termasuk mempelajari karakter anak didik di zamanya. Pendidikan bukan hanya mau mengajari anak didik. Semakin mengenal dan memahami hakikat anak didiknya, pendidik akan banyak memperoleh pengetahuan dari mereka, karena sejatinya merekalah adalah guru. Gurunya Guru, Gurunya Dosen.
Buku ini mengurai tentang bagaimana seharusnya relasi yang terbangun antara pendidik dengan anak didik; relasi yang saling menguntungkan pendidik dan anak didik; dan relasi yang menempatkan anak didik sebagai subjek pembelajaran.
*Admin-Aljoe