PEMBELAJARAN BLENDED ALTERNATIF MENGATASI EFEK PADEMI COVID 19

SURYALAYA. Pandemi covid-19 bukan menjadi alasan bagi guru untuk tidak melakukan proses belajar mengajar secara berkualitas. Masih ada model pembelajaran yang bisa diterapakan sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini. Pembelajaran blended dapat menjadi alternatif pilihan dalam melaksankan pembelajaran masa pandemi saat ini. Hal ini disampaikan Prof. Turmudi, M.Ed, MSc,. PhD. dalam webinar yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Himpunan Mahasiswa PGMI IAILM Suryalaya Tasikmalaya (14/01).

Prof. Turmudi, M.Ed, MSc, PhD

Lebih lanjut guru besar UPI Bandung ini menjelaskan bahwa blended learning merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan pembelajaran tradisional (tatap muka) dan pembelajaran jarak jauh yang menggunakan sumber  belajar online dan beragam pilihan komunikasi yang dapat digunakan guru dan siswa. “karenanya blended learning akan menjadi solusi alternatif pembelajaran di masa pandemi covid 19 yang tidak tahu kapan akan berakhir’’, ujarnya.

Sebagian Peserta Webinar

Webinar yang dikuti lebih dari 250 peserta dari berbagai lapisan (mahasiswa, guru, dosen, pegiat pendidikan), dibuka secara resmi Ketua Prodi PGMI IAILM Suryalaya, Nana Suryana, S.Ag. M.Pd.

Dalam sambutanya, Nana menyampaikan tujuan webinar. “Webinar ini kami selenggaran dengan beberapa tujuan. Selain salah satu bentuk tri darma perguruan tinggi, melalui kegiatan webinar ini kami berharap ada solusi alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh para guru dan calon guru, ditengah kegalauan yang menimpa saat”. Kegalauan yang dimaksud tuturnya,  di saat pembelajaran tidak dapat dilakukan secara off line (tatap muka di kelas), harus belajar di rumah sistem daring (on line), para guru dihadapakan berbagai kendala antara lain masih ada anak yang belum memiliki HP, jaringan yang tidak stabil, terbatasnya kuota, dan lain-lain. Disaat itu pula para guru harus mampu mendesian pembelajaran yang efektif dan efisein. “Semoga webinar ini menjadi bagian dari ikhtiar kita untuk terus berjuang mencerdaskan anak bangsa dalam berbagai situasi dan kondisi, pungkasanya.

*Admin-Aljoes