MONEV, UPAYA PENINGKATAN MUTU PERGURUAN TINGGI ISLAM

SURYALAYA. Sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu perguruan tinggi Islam swasta, secara berkala Kopertais wilayah II Jawa Barat melakukan monitoring dan evaluasi (monev) ke perguruan tinggi Islam swasta. Senin (12/10) kegiatan monev dilaksanakan di Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya. Kali ini yang menjadi tim movev adalah Drs. H. Yaya Sunarya, M.Ag.

Rektor IAILM, H. Iwan R. Prawiranata (Berbaju Putih)
sedang berbincang Dengan H. Yaya (Berpeci Hitam) di ruang rektorat IAILM

Bertempat di ruang rektorat Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya, tim monev disambut Rektor IAILM, H. Iwan R. Prawiranata, MIB, PhD. didampingi wakil rektor I, Dr. H. Asep Salahudin, MA. wakil rektor III, Dr. H. Surhorwardi,M.Ag., Ketua Tim Monev IAILM (Edwin Hadian SE, MM), para dekan, ketua prodi, LPM, LPPM, Kepala Unit, dan staff di lingkungan IAILM.

Dalam kata sambutannya, Iwan menyambut baik kegiatan monev. Menurutnya Monev menjadi bagian dari upaya IAILM dalam peningkatan mutu. ” Melalui monev yang dilakukan Kopertais, kita berharap mendapat masukan tentang bagaimana IAILM lebih maju”, ucapnya.

Menurut Yaya, berdasarkan regulasi yang baru, kopertais tidak lagi memiliki fungsi pengawasan kepada PTAIS.”Berdasarkan konsep kampus merdeka, PTKIS memiliki kebebasan untuk menentukan kebijakannya, uangkapnya.

Tahun ini (2020) ujar dia, tahun terakhir kopertais menerbitakan nomor induk registrasi lulus (NIRL). Sebab tahun tahun depan tidak lagi menggunakan NIRL tetapi PIN yang diterbitkan Kemendikbud.

*Admin-Aljoe