PEMBINAAN DOSEN MEMBANGUN ETOS AKADEMIK

SURYALAYA. Seiring dengan rencana akan di keluarkannya kebijakan tentang “Kampus Merdeka” oleh menteri pendidikan yang baru (Nadim Makarim), IAILM Suryalaya bersiap manata diri dalam berbagai hal, salah satunya melalui peningkatan kualitas dan profesionalisme dosen. Bertempat di gedung Tarminah Bakti IAILM Suryalaya (03/03) digelar pembinaan dosen IAILM Suryalaya dengan mengusung tema Membangun Etos Akademik Menuju Kampus Merdeka Berbasis Tasawuf.

Rektor IAILM (Baju Putuh) Menyerahkan Cindra Mata kepada Dr. Yudi (Berkopiah)

Dalam pembinannya Rektor IAILM Suryalaya, H. Iwan R. Prawiranata menyampaikan, “Apa yang harus kita lakukan dalam menghadapi dinamika perubahan pendidikan tinggi saat ini dan bayangan masa mendatang?. Menurut Iwan tugas kita sebagai dosen yang telah kita pilih sebagai profesi, pilihan tugas dengan dedikasi sebagai bagian ibadah kita dalam menjalani hidup ini. Menurutnya diantara tugas sebagai dosen yaitu mengembangkan potensi mahasiswa, mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat  dan mengembangkan potensi mahasiswa agar beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, berkepribadian, sehat, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya.

Selain Iwan, tampil juga sebagai narasumber Dekan Fakultas Ushuludin UIN Sunan Gunung Djati, Dr. Yudi Darmalaksana dengan materi mewujudkan jurnal nasional terakreditasi, Warek I IAILM, Dr. H. Asep Salahudin, MA. yang mengupas bagaimana meningkatakan etos dan atmosfir Akademik, warek III, Dr. H. Suhrowardi, MA. bicara tentang profesionalisme dosen dan Kepala Biro IAILM, Syaerief Hasani, M.M.Pd. dengan materi tata kelola SDM berbasis SIAKAD.

Retor dan Dosen Penerima Anungrah Latifah 2020

Selain pembinaan dosen dilaksanakan juga pengumuman Anugrah Latifah 2020 bagi dosen yang berkontribusi positif dalam mempublikasikan IAILM melalui penulisan jurnal, artikel, dan buku dars. Terpilih tiga orang dosen yaitu M. Dani Somantri, M.Ag. (Dosen Fakultas Syariah), Rojaya, M.Ag. (Dosen Fakultas Dakwah) dan Nana Suryana, S.Ag. M.Pd (Dosen Fakultas Tarbiyah).

*Admin-Aljoes