32 TAHUN IAILM SURYALAYA

32 Tahun IAILM Pondok Pesantren Suryalaya

Oleh :

Rojaya, M.Ag. (Ketua Prodi Ilmu Tasawuf IAILM Suryalaya)

Kampus ini berdiri dg visi dan kasyfi Syekh Mursyid, Abah Anom ra. Secara Kasyfi, Abah Sepuh sudah memandang jauh ke masa depan bahwa Suryalaya yg masih dipenuhi pepohonan akan berubah menjadi bangunan-bangunan kawah candradimuka SDM. Kasyfi tsb makin jelas serta dibuat visi dan terealisasi pada masa Abah Anom ra.

Awal pendirian IAILM tentu sangatlah berat. Dosen-dosen harus didatangkan dari Bandung dg mobil. Untuk transportasi pulang pergi setiap hari tentu harus ditanggung.

IAILM berdiri dan terus berkembang. Dosen-dosen tetap setiap prodi minimal 6 orang dosen disiapkan. Prodi-prodi ditambah.

IAILM menjadi PT terbaik kesatu di Kopertais Jawa Barat dan Banten sampai 3x berturut-turut.
Para dosen kuliah S2 dan S3 bertapa menambah ilmu dan wawasan. Para dosen IAILM meraih sertifikasi dosen terbanyak kedua di PT swasta di Jawa Barat. Penelitian pemula, madya, riset sosial kritis, shortcouse metodologi, etnografi, dll. di dalam dan luar negeri (India, Australia, Belanda), pengabdian masyarakat, dsb dari Kemenag RI selalu diraih oleh para dosen setiap tahun.

SDM para dosen luar biasa. Andai para mahasiswa dg organisasi kemahasiswaan yg ada jeli dan dapat memanfaatkan energi tsb, sungguh akan dahsyat implikasinya.

Para mhs IAILM banyak yg tulus belajar lillahi ta’ala, memiliki potensi yg beragam dan dahsyat. Kekurangannya jika ada hanya sedikit, yaitu masih belum disinergikan lebih intens dan terorganisir. Raksasa bernama mhs semoga sudah bangun dari tidurnya dan berjuang untuk menjadi cahaya semesta di mana saja berada. Mahasiswa diharap hidup berkah dan memberkahi sekitarnya. Barokna haulahu, amien.

*Admin-Aljoes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *